Jurassic Park: Film Dinosaurus Terbaik Saat Ini!

Tentang Jurassic Park Universe

Secara garis besar film ini mengangkat tema penangkaran dinosaurus dimana nantinya akan dijadikan wahana atraksi kebun binatang gitu guys. Bedanya binatang yang di pertontonkan adalah dinosaurus dengan beragam spesies didalamnya.

 

Namun Seiring berkembangnya cerita, tempat dimana taman dino ini dibuat terjadi kekacauan membuat para dinosaurusnya pada rebel keluar menggila kesana sini guys, membuat pulau Isla Nublar menjadi pulaunya para dinosaurus…

 

Film Jurassic Park 1

jurassic park
Jurassic Park

 

Film Jurassic Park pertama ini rilis pada tahun 90 an dan menjadi film terbaik jurassic park guys, unsur natural dan horornya dapet banget di seri pertama ini. Cerita keseluruhan tentang perusahan Bio-tech yang mengembangkan DNA dinosaurus dan berhasil membuat beberapa spesies dinosaurus guys, dan mereka berniat membuka wahana dinosaurus dengan cara menarik investor untuk membantu mereka.

 

Karena dari segi bisnis konsep wahana dinosaurus itu keren banget guys, profitnya beuh pasti adalah ya, namun sayangnya melihara dinosaurus itu ga sama kaya melihara singa atau macan guys. Jadi butuh tingkat keamanan tinggi dan juga biaya produksinya pasti tinggi juga.

 

Plot serunya baru dimulai ketika sekumpulan peneliti dengan beragam tokoh spesialis diundang datang oleh John Hammon pemilik tempat wahana sekaligus pendiri InGen (perusahaan yang mengembangkan spesies dino ini guys.)

jurassic park 1
Jurassic Park T-rex

 

Di awal semua berjalan normal pagar-pagar pengaman berfungsi baik, dan semua berjalan sesuai protocol. Namun kengerian muncul ketika salah satu peneliti InGen ingin menyabotase wahana itu guys, dia mau nyolong DNA dino untuk dijual ke pesaing InGen.

 

Petaka di awali dengan matinya seluruh listrik di sekitar wahana, yang mengakibatkan pagar pengaman jadi ga AMAN! Dampaknya ya bisa ditebak dong ya, para dino bisa dengan bebas menari bebas keluar sambil mencari mangsa.

 

Aksi kejar-kejaran terjadi antara dino yang laper sama manusia yang bertahan hidup, ada banyak momen di film ini guys, dari yang horror sampai yang lucu. Seperti momen ketika si bocah cilik disemprot ingus ama brontosaurus diatas pohon, sampai momen kejar-kejaran mobil dengan T-rex.

 

Momen Epic Jurassic Park 1:

Menurut gue ini film dikemas singkat padat namun tetap keren guys, dan momen epic di film ini menurut gue ya:

 

1. Ketika T-rex lepas dari kandangnya dan meneror mobil pengunjung yang ada dihadapannya. Ini momen sumpah creepy banget, cara T-rex neror mobilnya itu lhoo yang bikin greget.

 

2. Momen dua bocil terperangkap di dapur bareng dua Raptor: ini juga adegan yang memorable banget guys, sampai detik ini gw masih takjub ama adegan di dapur ini mantap abis lah

 

3. Momen Ending T-rex vs Raptor: Entah kenapa ya ini momen juga ikonik sih buat gue, karena disaat para tim sedang terpojok oleh dua raptor usil, tiba-tiba dateng T-rex mengacaukan semuanya. Hasilnya para dino saling berantem sedangkan regu yang selamat kabur ga pake lama uy. Liat T-rex dan raptor depan mata, auto kabur lah ya….

 

Jurassic Park 2 : Lost World

jurassic park lost world
Jurassic Park 2

 

Sumpah seri kedua ini keren banget uy, ada banyak dinosaurus dan juga unsur survive adventurenya makin terasa dibandingkan yang pertama. Untuk kisahnya sendiri ini diawali dari satu keluarga sedang berlibur ke sebuah pulau namun mereka diserang oleh dino berukuran kecil tapi banyak guys.

 

Menindak lanjuti kejadian itu InGen mengirim tim untuk mengecek lokasi yang berada di Isla Sorna, tetanggaan sama Isla Nublar pulau di jurassci park pertama diatas guys. Untuk seri kedua ini cerita lebih dalem guys, karena sejarah InGen sedikit terkuak, dan juga ternyata Isla Nublar bukan satu-satunya pulau penangkaran dinosaurus guys, masih ada satu pulau lagi yaitu…yess benar sekali Isla Sorna.

 

Di film ini diceritakan bahwa Isla Nublar itu memang pulau yang disiapkan untuk hasil penelitian dinosaurus yang udah jadi guys untuk dimasukkan kedalam wahana disana. Namun pengembangan dinosaurus dari tahap mencari DNA dan pengembangannya itu dilakukan di Isla Sorna.

 

Kebayang dong ya betapa mengerikannya Isla Sorna ini, karena disini para dino benar-benar hidup di alam bebas tanpa penjagaan dari pihak InGen. Ibaratnya itu Isla Sorna hutan amazon dengan banyak spesies didalamnya nah InGen nyomot spesies tersebut untuk dibawa ke Isla Nublar…

 

Plot utama film ini terbagi dua guys, yang pertama adalah para regu peneliti yang datang kesana untuk mengecek lokasi keberadaan dino, dan para regu pemburu dinosaurus yang diberi tugas menangkap semua dino yang ada di pulau itu guys, karena bisa menghasilkan uang klo udah ditangkap….

 

Singkat cerita regu peneliti mau tidak mau berteman dengan regu pemburu yang barbar, dikarenakan dinosaurus bertipe canivora udah pada tau kehadiran mereka. Di pulau ini juga digambarkan bahwa regu pemburu dapat menangkap hamper semua dinosaurus guys, dan membawa T-rex ke pelabuhan kota terdekat (ide cemerlang, nice…)

jurassic park 2
Jurassic Park dinosaurus

 

Para regu peneliti juga berhasil menuju area lab kosong untuk mengirim sinyal penjemputan guys sebelumnya mereka kudu kucing-kucingan sama raptor sebelum bisa kirim akses sinyalnya. Dan akhirnya mereka pun selamat, regu pemburu juga selamat…happy ending hahaha….

 

Eits, tapi plotnya blum abis ya, karena dibagian akhir T-rex yang dibawa oleh regu pemburu tadi lepas guys. Membuat seisi kota kacau karena T-rexnya ngamuk alias keder dia musti kemana. Sampai akhirnya regu tim peneliti memancing T-rex untuk masuk kedalam kapal yang membawa T-rex tersebut dan memulangkannya entah kemana tau dah ah…

 

Plotnya kurang lebih seperti itu guys, udah pasti dengan cerita yang lebih dalem ada banyak momen epic di seri kedua ini guys dan berikut momen epic menurut gue di seri kedua ini:

 

1. Adegan ketika T-rex mau ngambil anaknya di dalam truk panjang. Disini adegannya ampir mirip kaya di Jurassic park 1 dimana T-rex barbar sama mobil penumpang wahana. Disini para peneliti benar-benar diuji banget kesabaran dan keberaniannya guys.

 

2. Momen ketika regu pemburu di buru Raptor di rumput. Ketika para regu pemburu panic karena diserang T-rex, mereka semua kocar-kacir lari kearah rumput ilalang tinggi guys, nah epic momennya justru disini.

 

Ketika mereka lari ternyata sekumpulan raptor mengetahui itu dan auto nguber mereka guys. Angle kamera yang berubah dari atas memperlihatkan formasi raptor memburu para pemburu guys, memanfaatkan rumput yang tinggi

 

3. Ketika regu peneliti ke lab kosong mau ngirim sinyal jemputan: disini para peneliti diserang Raptors dan mereka terpencar, ada yang di uber sampai gudang ada yang di uber di dalam lab chaos banget dah, momen simple tapi kerennya ketika mereka berada didalam lab dan salah satu peneliti melihat kearah tabung eksperimen besar, dan didalamnya ada Raptor yang diem berpura-pura gitu, pas raptornya berkedip baru deh penelitinya sadar kalo itu ternyata…!

 

4. Epic momen terakhir ketika T-rex ngacak-ngacak kota guys dimana ada adegan bus penumpang di tabrak hingga oleng entah kemana nasibnya itu…

 

Jurassic Park 3

jurassic park 3
Jurassic Park 3

 

Seri ketiga ini menampilkan Dr. Grant jagoan di film pertama guys, dimana si dokter ini didatangi oleh sepasang suami-istri tajir yang meminta tolong kepadanya. Mereka meminta sang dokter untuk memberikan tur kedalam Isla Sorna tempat habitat dinosaurus seri kedua tadi guys.

 

Awalnya si si Dr Grant nolak, namun karena di imingi duit besar untuk penelitian beliau, akhirnya dia mau juga wkkwkwk. Namun kali ini Grant meminta asistennya untuk ikut menemani perjalanan beliau

 

Singkatnya mereka berempat semua pergi ke pulau laknat itu lagi guys, ditemani pilot dan beberapa orang regu tentara untuk bagian pengamanan. Pesawat akhirnya berhasil mendarat dengan aman di lintasa yang terbengkalai.

jurassic park iii
Jurassic Park spinosaurus

 

Sesampainya disana pasangan suami-istri ini teriak kencang memanggil-manggil orang yang bernama Eric. Jadi mereka berdua teriak kenceng banget manggil itu anak supaya keluar. Dan ternyata justru tindakannya itu memancing spinosaurus untuk datang say hi ke mereka guys.

 

Akhirnya mereka semua harus pergi lagi menggunakan pesawatnya namun sayangnya spinosaurus berhasil membuat pesawat mereka jatuh guys, hingga nyungsep ke pohon mereka semua.

 

Nah disinilah awal kisah seri ketiga ini, dimana akhirnya sepasang suami-istri ini mengakui bahwa mereka datang kesini untuk mencari anak mereka yang hilang 8 minggu lalu disini. Sontak hal ini membuat Dr. Grant makin galau, karena ga ada jaminan anak mereka masih bertahan hidup selama itu di pulau dino ini…

 

Singkat cerita mereka berhasil ketemu anak mereka sambil di uber-uber spinosaurus guys, dan akhirnya mereka memutuskan untuk mengikuti arus sungai untuk bisa sampai ke tepi pantai, dimana regu penyelamat akan datang membantu mereka.

 

Epic momen film ini:

 

1. Momen kemunculan spinosaurus diawal yang menguber rombongan Dr Grant hingga mereka kocar-kacir. Dr Grant mah slow di uber dino segede itu, yg lainnya panik om baru ketemu model beginian wkwkkw...

2. Momen para rombongan terpaksa memasuki Aviary (kandang burung besar) yang berisikan pteranodon. adegan dimana anak dari pasangan diculik burung itu keren sih guys...

3. Momen ketika perahu mereka diserang spinosaurus. Disini kita diperlihatkan kemampuan spino yang bisa berburu di darat maupun air guys.

 

Sebenarnya ga banyak sih nuansa seru di film ini, dibandingkan dua film pendulunya, seri ketiga ini yang paling jelek dari segi cerita, maupun dari segi aksi yang disajikan. Kehadiran raptor seakan ga berkesan sama sekali di seri ketiga ini beda ga kaya  seri sebelumnya yang selalu epic tiap raptor muncul.

 

Jurassic Park 4

jurassic park poster
Jurassic Park world

 

Jurassic Park 4 sebutan lainnya adalah Jurassic World dimana dalam film ini impian Dr. Hammond berhasil jadi kenyataan, yaitu memiliki wahana dinosaurus yang megah meriah dan menghibur (beliau difilm ini sudah tewas diteruskan oleh anak-anaknya yang mengelola InGen)

 

Walau ini seri Jurassic park yang terbilang keren ya dari segi tampilan, namun plot yang diusung sama persis dengan Jurassic park pertama: Taman hiburan-terjadi chaos-dinosaurus pada lepas-mencoba kabur dan bertahan hidup…

jurassic park world
Jurassic Park raptor

 

Di film keempat ini kita juga disuguhkan jenis dino baru bernama Indominus-rex dimana dino ini benar-benar berbahaya banget, menggabungkan dari bermacam DNA untuk menghasilkan dinosaurus ini, hasilnya adalah, dia bisa kamuflase, dia pintar seperti raptor dll…

 

Epic momen film ini:

1. Momen ketika regu pemburu dijebak disangkar Indomi-Rex

2. Momen ketika indomi-rex vs ankilosaurus dimana mobil bola-bolanya terjebak ditengah war mereka.

3. Momen ketika owner wahana Jurassic park memutuskan membebaskan T-rex untuk diadu melawan indomi-Rex

4. Yang terakhir momen ketika Indomi-Rex kena tag-team kombo dari T-rex dan Masosaurus (dino yang ada di air itu)

 

Secara keseluruhan film keempat ini menawarkan nuansa lebih wah dibandingkan pertama, tapi masih belum bisa menandingi momen T-rex neror pengunjung dalam mobil ijo (Jurassic park 1)

 

Jurassic Park 2018

Seri terakhir yang rilis ini diberi nama Fallen Kingdom. Karena disini diperlihatkan pulau wahana sebelumnya itu telah hancur lebur dan gunung volcano yang ada di pulau itu akan meletus, jadi intinya semua yang ada di pulau itu harus bergegas keluar termasuk dinosaurusnya.

 

Namun di seri ini cerita agak lebih rumit ya, karena menitikberatkan pada konflik kepentingan dalam keluarga Lockwood selaku rekan dekat perusahan InGen. Dimana mereka ingin melelang dino-dino yang berhasil diselamatkan untuk dijual dalam acara lelang.

 

Difilm ini kembali kita diberikan dino jenis baru yang bernama Indoraptor yang sudah di buff oleh peneliti senior Henry Wu. Membuat raptor tersebut memiliki fisik yang lebih besar dari biasanya dan kekuatan yang lebih buas, dan tentu saja lebih pintar

 

Jurassic Park Dominion

Seri 6 ini dijadwalkan 2021 akan rilis, dan ini juga menandakan seri terakhir dari keseluruhan saga Jurassic park yang ada. Belum banyak yang diketahui tentang info film ini, yang pasti akan sangat epic dikarenakan semua aspek cerita dari 1-5 akan coba di gabung agar bisa tetap menarik dan logis untuk dinikmati alurnya, gue sih nebat alur plotnya tentang manusia yang hidup berdampingan gitu sama dino, entahlah bener apa engga haha…

 

Kesimpulan Film Jurassic Park:

Overall konsep universe serta cerita yang disajikan cukup keren sih, tentang wahana dino hasil pengembangan DNA gitu, namun makin kesini arahnya kaya bakal digiring dimana para manusia akan hidup berdampingan dengan dinosaurus, dan ini sensasinya beda banget dengan apa yang sudah disajikan di film pertama dan kedua.

 

LihatTutupKomentar