Thor Sang Dewa Asgard Pelindung Bumi Marvel Universe

Karakter marvel yang akan gw bahas kali ini adalah Thor, the thunder God katanya sih gitu ya. Secara singkat karakter thor ini emg diambil dari legenda nordik dengan konsep yang mirip banget, ada dewa Odin sebagai entitas tertinggi di dunia Thor (asgard,) lengkap dengan karakter pendukung didalamnya, seperti Loki, ras Jotun, Malekith, dll.

film thor
Di marvel universe Thor digambarkan juga sama dengan legenda tersebut, dengan menggunakan palu Saktinya, Mjolnir, Thor menjadi bagian penting dalam saga Thanos di filmnya. Sebagai seorang putra mahkota, Thor memiliki kekuatan diatas manusia normal, dia bukan mutant tapi punya power yang over banget dibandingkan manusia.

Selain itu juga palu mjolnirnya adalah senjata sakti yang ga bisa rusak atau digunakan oleh sembarang orang, plus dia juga menguasai elemen petir, dan kemampuan terbang berkat palu saktinya itu

Thor 1

wallpaper thor
Dalam perspektif nordik Bumi merupakan salah satu dimensi dari kesembilan dimensi yang ada, yang tertinggi adalah Asgard (tempat Odin bertahta, seperti surga gitu kali ya.)

Alur cerita film pertama menggambarkan tentang hubungan antara para Asgardian dengan para frost Giant makhluk di salah satu dimensi dalam cakupan pohon kehidupan. Dimana para Asgardian dan para raksasa es melakukan semacam gencatan senjata, hingga akhirnya itu semua berakhir ketika Thor membuat kekacauan yang membuat perjanjian tersebut dilanggar.

thor 1
 

Marah dengan kelakuan anaknya, Odin ngusir Thor ke bumi membuat si dewa petir kehilangan palu+keabadiannya sebagai asgardian.

Disisi lain ada pihak dalam tahta kerajaan yang ingin menggulingkan tahta Odin, dikarenakan Thor sudah di asingkan lama, ditambah juga kondisi Odin yang sedang AFK tidur panjang pada saat itu…

thor
 

Itu tadi plot utama keseluruhan cerita film seri 1 ya guys, konflik utamanya adalah ketika Loki saudara berusaha menyerang bumi dan Thor karena sudah lama menetap di bumi secara insting menjadi pelindung bumi terjadilah konflik besar antara Thor dan proxinya Loki yaitu Destroyer

Thor yang di awal merupakan anak yang rebel berusaha mendapatkan kepercayaan bapaknya dengan melindungi bumi dari gempuran makhluk luar, dua penjahat utama dalam film ini adalah Loki si Trickmaster dan destroyer. Untuk destroyer tokoh ini memang digambarkan sebagai main villain sedangkan Loki lebih dibelakang layar.

palu thor

Thor 2: Dark World

 thor the dark world

Melanjutkan seri pertama dimana Thor berhasil melindungi bumi dan mendapatkan kepercayaan dari Odin lagi dan diterima di dimensi Asgard seutuhnya. Di lain sisi saudara Thor, yaitu Loki di penjara atas kekacauan yang ia buat di film pertamanya itu.


Nah untuk plot alur cerita film ke 2 ini sangat penting untuk diikuti guys, karena ini menjadi informasi penting dalam pengembangan cerita saga Thanos. Dimana di alur cerita film 2 ini Aether berhasil ditemukan oleh Jane foster ceweknya si Thor di film pertama.

Cilakanya Aether ini nama lain dari reality stone, itu artinya banyak pihak yang menginginkan batu akik ini guys. Nah cerita film ke 2 ini mengangkat tema perebutan Aether oleh Malekith tokoh dari dunia Thor dimensi selain bumi yang ingin merebutkan kekuatan Aether.

thor 2

Secara tersurat film seri kedua ini kita semacam kaya digiring untuk melihat tokoh Malekith menggunakan kekuatan Aether padahal batu tersebut nantinya akan diincar oleh sang megavillain marvel yaitu Thanos!

Dari ulasan diatas bisa ya kita gambarkan bahwa seri kedua Thor kali ini lebih fokus pada kemunculan batu infinity, walaupun dari segi cerita dan lawan yang dihadapi sebenarnya tidak terlalu kuat karakternya. Bagi yang bukan fans marvel tentu akan bingung melihat tokoh penjahat bernama Malekith langsung dimunculkan begitu saja.

thor dark world
 

Berbeda dengan Loki dimana tokoh ini memang sudah sangat dikenal dalam legenda Nordik yang ada saat ini. Jadi itulah guys tentang film ke 2 dimana gw ga terlalu suka sih karena penggambaran tokoh penjahatnya ga sekuat di seri pertama ya, tapi berhubung seri kedua ini fokus di batu akik Thanos gw anggep itu poin plus film ini.

Jika kalian ingin mengetahui timeline saga Thanos dalam marvel universe, seri kedua Thor ini jangan sampai terlewat ya guys

Thor 3 : Ragnarok


Lanjut ke seri ketiga ya guys, sebelum sang dewa petir ini berhadapan dengan sang mad titan. Film yang rilis 2017 ini (1tahun sebelum Thor ribut ama Thanos 2018,) di film ini alur dan plotnya simpel tapi lebih kaya akan cerita dan banyak penokohan karakter yang kuat dimunculkan disini, seperti Hulk, Loki dan juga sang antagonis utama film yaitu Hela dewa kematian.

thor ragnarok
Cerita film thor ragnarok simpel banget guys yaitu keinginan Hela untuk menghancurkan Asgard sebagai balasan dendam atas tindakan Odin pada dirinya. Plot yang terdengar klise tersebut bisa tertutupi oleh pembawaan cerita yang keren banget.

thor 3 hd
Ada banyak momen seru dalam film ini, seperti ketika Thor harus kehilangan palu mjolnir karena dihancurkan oleh Hela, dan momen “kerja sama” antara Thor dan loki serta yang paling ikonik dalam film ini adalah pertarungan antara Thor dan hulk.

thor ragnarok
Secara garis besar film ini memang memfokuskan pada konflik yang terjadi di dimensi Asgard dan tetangganya, ada banyak tokoh pendukung yang dimunculkan, seperti Valkyrie, heimdall, grandmaster,dll.

thor 3
Namun tidak banyak porsi di film ini yang membahas tentang Thanos, dan pergerakan si mad titan tersebut. Jadi ini film emang murni sebagai penutup film Thor sebelum saga Thanos dimulai, sebelum nantinya di film keempat Thor akan kembali lagi dengan alur yang lebih keren lagi sebagai penutup.

Thor Avenger

thor avenger hd
Film avenger ini lebih dahulu rilis dibandingkan seri thor darkworld maupun ragnarok, bisa dibilang ini lanjutan dari seri thor 1 yang berkaitan dengan saga Thanos sih sebenarnya. Gw bakal kasih timeline film thor dibagian akhir ya slow aja okeh…

Untuk film avenger seri pertama ini, Thor tidak menjadi tokoh utama yang berdiri sendiri, karena dia harus berbagi porsi dengan Captain America, iron man, dan super hero lainnya. Boleh dibilang untuk avenger pertama ini Captain America dan iron man punya porsi lebih dibandingkan lainnya sih…

Untuk alur plot cerita avenger pertama ini masih melanjutkan perseteruan antara Thor dan Loki, dimana di film ini Loki si dewa licik membawa pasukan alien dari dimensi lain untuk invasi bumi. Otomatis Thor dan super hero lainnya yang tergabung dalam organisasi bernama SHIELD, mereka auto ngamuk mempertahankan bumi sekuat tenaga.

thor marvell
Di film ini aksi super heronya banyak banget guys, sayangnya tokoh penjahatnya ga sebanyak superhero didalam filmnya. Yah gw ibaratin sih superheronya sekampung penjahatnya cuman 1 aja si Loki, walaupun Loki punya pasukan alien yang super banyak tetep aja ga balance lah…

Yang gw suka di film ini adalah kehebatan Loki mengelabui para super hero avenger, walau dia seorang diri dengan setengah gagah berani Loki The Trickmaster mampu bikin super hero kerepotan guys…

Endingnya bisa ketebak lah ya superheronya win, tapi bukan disitu poin serunya guys, justru seri pertama avenger ini adalah gerbang pembuka untuk saga Thanos, sebelum nanti ke avenger 2: age of ultron

thor marvel

Thor infinity War


Ada baiknya sebelum melihat seri Avenger infinity War kalian liat seri sebelumnya yaitu age of ultron dan avenger 1 yang rilis 2012 klo ga salah.

Oke guys kita mulai pembahasan tentang film infinity wars ini secara singkat padat merayap. Dalam film ini karakter megavillain marvel nongol guys yaitu si titan ungu Thanos. Nah, film ini juga menandakan bahwa saga Film Thanos benar-benar sudah dimulai guys.

thor stormbreaker
Plot alur cerita film ini panjang ya guys, namun klo dirangkum film ini lebih menceritakan tentang perjalanan Thanos mencari keenam batu akik yang udah dimunculkan pada seri film-film marvel sebelumnya guys.

Di film Age of ultron (wajib nonton seri ini sebelum ke infinity wars) ada tokoh vision yang dimunculkan, nah si vision ini ternyata memiliki batu infinity stone di jidatnya guys, dan otomatis lah ya Thanos auto nguber doi guys…

thor avenger
Oh iya sangking panjangnya plot alur cerita film infinity wars ini, sampai dijadikan dua part guys, gokil ga tuh. Dari sekian banyak film superhero, cuman Thanos aja guys yang dikasih porsinya tuh besar banget ampe tiga film untuk menyelesaikan saga Thanos ini.

Dan di film infinity wars ini juga diperlihatkan kekuatan Thanos yang super IMBA banget ga bisa ditandingin oleh para avenger guys. Di film ini juga kita diperlihatkan betapa noobnya para superhero bumi guys. Lawan juragan batu akik aja kalah mereka guys, tapi jangan salah, batu akiknya powerfull banget.

thor avenger infinity war
Ada banyak momen yang gw suka di film ini guys, tapi yang paling gw suka dibagian akhirnya dimana Thanos dengan santainya mengeluarkan kekuatan batu akik yang udah dia punya guys, yaitu memanipulasi waktu gitu…

Sayangnya tokoh Thanos keliatan banget di nerf pas bagian akhir saga Thanos ini guys, beda dengan di komiknya dimana sang mad titan mampu stand alone melawan semua pahlawan super dari bumi.

Mungkin kalau mau fair cuman galactus aja sih yang mampu nandingin kebangsatan Thanos guys, tapi ya udahlah ya namanya juga film pasti banyak penyesuaian, beda dengan komik pastinya

thor cast

Oke sebelum gw akhir pembahasannya gw mau kasih satu lagi yaitu tentang timeline film Thor agar kalian yang suka dengan karakter Thor bisa lebih mudah mencerna si dewa petir ini dalam penggambaran cerita film marvelnya.


Timeline Thor:

1. Film Thor 1: God of Thunder
2. Film Avenger 2012
3. Film Thor 2: Dark World
4. Film Thor 3: Ragnarok
5. Avenger infinity war part 1
6. Avenger infinity war part 2
7. Avenger: end game
8. Thor 4: Love and Thunder (setelah saga Thanos)

thor avenger wallpaper
 

Itulah tadi timeline yang bisa gw rangkum tentang tokoh Thor, jika ada salah atau saran bisa beritahukan lewat kolom komentar ya guys, dan jangan lupa untuk subscribe blog ini untuk terus melihat konten seru lainnya yang ga kalah kece, see you guys (-_-)

LihatTutupKomentar